Fitur Baru di OJS Versi 3.X
OJS 3.x (3.01, 3.02, 3.1, 3.1.0-1…) dibangun di atas perubahan yang diperkenalkan dengan OJS 3.0, dan sangat berbeda dari pendahulunya, OJS 2.x. Ini mencakup peningkatan dan fitur baru yang dikembangkan dari umpan balik komunitas, pengujian kegunaan ekstensif, dan kemampuan desain perangkat lunak baru.
Diskusi Redaksi
OJS 3.x memiliki obrolan internal baru di setiap tahap pengeditan (kirim, tinjau, salin, produksi) untuk memfasilitasi tindak lanjut komunikasi, bagian penting dari alur kerja editorial. Diskusi berfungsi seperti forum online – pengguna membuat topik diskusi, mengundang orang lain untuk berpartisipasi, dan memposting pesan (termasuk lampiran):
Siapa pun yang terlibat dalam pengiriman dapat disertakan dalam diskusi (editor, editor bagian, penulis, copyeditor, dll). Penerima menerima pemberitahuan email untuk memberi tahu mereka tentang pesan baru tersebut. Balasan terjadi seperti di komentar blog atau posting forum:
Dan seluruh diskusi menjadi bagian dari sejarah editorial secara permanen.
Alur Kerja Fleksibel
OJS 3.x terdiri dari 4 tahap editorial: Penyerahan, di mana pengajuan baru ditangani (ditolak, ditugaskan ke editor bagian, dll.); Tinjau, di mana peer review dan revisi penulis berlangsung; Copyediting, di mana file yang ditinjau dan direvisi dikirim untuk disalin; dan Produksi, di mana versi final yang telah disalin diubah menjadi format yang dapat diterbitkan (PDF, HTML, dll.), dikoreksi, dan dijadwalkan untuk diterbitkan. Untuk meningkatkan fleksibilitas editorial, Anda dapat dengan mudah memindahkan kiriman dari satu tahap ke tahap lainnya tanpa menyelesaikan kemungkinan tugas apa pun pada tahap tersebut. Anda tidak melakukan copyediting? Tidak masalah, lewati saja dengan tombol Kirim ke Produksi.
Anda juga dapat melibatkan pengguna mana pun yang Anda inginkan dalam setiap tahap. Jika jurnal Anda tidak melibatkan penulis dalam proofreading, Anda dapat mengecualikan mereka dalam diskusi.
Peran Fleksibel
Selain membuat alur kerja lebih fleksibel, kini Anda dapat dengan mudah mengubah nama peran yang ada. Jika Anda lebih memilih Manajer Produksi daripada Manajer Jurnal, Anda cukup mengganti nama peran tersebut. Selain itu, jika Anda ingin membuat peran baru, Anda dapat melakukannya. OJS 3.x memungkinkan Anda membuat peran apa pun yang Anda inginkan, dan mengaitkannya dengan setiap (atau semua) tahapan alur kerja.
Anda juga dapat mengonfigurasi peran khusus agar memiliki izin yang serupa dengan peran yang sudah ada, seperti penulis, peninjau, editor bagian, dll. Misalnya, jika Anda membuat peran Pemimpin Redaksi baru, Anda dapat memberikan akses peran tersebut ke semua 4 editorial tahapan, dan izin yang sama dengan editor dan pengelola jurnal (kemampuan untuk melakukan apa pun dengan pengaturan jurnal dan apa pun dengan kiriman).
Akses Tugas Fleksibel
Gangguan umum dengan OJS 2.x adalah kebutuhan untuk berganti peran untuk melakukan tugas yang berbeda. Misalnya, jika Anda adalah pengguna yang terdaftar sebagai Manajer Jurnal dan Editor, Anda memiliki akses ke kiriman serta pengaturan jurnal. Namun, jika Anda sedang mengedit kiriman, tetapi menyadari bahwa Anda perlu mengubah pengaturan di situs web, Anda perlu membuka halaman beranda pengguna, memilih peran Anda sebagai Manajer Jurnal, membuka halaman beranda Manajer Jurnal , lalu pilih pengaturan yang sesuai. Di OJS 3.x, jika Anda masuk sebagai pengguna dengan izin untuk mengakses kiriman dan pengaturan jurnal, Anda tidak perlu lagi melakukan peralihan yang rumit itu. Pengaturan hanya tersedia di sidebar kiri.
File Penyerahan
Di OJS 2.x, penulis dapat mengirimkan satu file “utama” (biasanya naskah artikel) dan kemudian file “pelengkap” lainnya yang ditangani secara berbeda. Di OJS 3.x, penulis sekarang dapat mengunggah file utama dalam jumlah yang tidak terbatas (naskah artikel, gambar, tabel, kumpulan data, dll.), menggunakan opsi Tambahkan File Lain.
Ini semua dapat disediakan sebagai bagian dari proses tinjauan sejawat, serta dalam tahap Penyalinan dan Produksi. Tujuannya di sini adalah untuk mengurangi perbedaan yang dipaksakan secara artifisial antara manuskrip artikel dan file lainnya. Sebagai contoh, gambar figur adalah inti dari manuskrip dan harus memiliki pilihan untuk diperlakukan sebagai bagian dari pengajuan utama.
Antarmuka yang Dapat Disesuaikan
Selain membuat workflow lebih customizable, user interface OJS 3.x juga lebih fleksibel. Di OJS 2.x, membuat tema baru seringkali menjadi tantangan karena banyaknya style sheet yang perlu dimodifikasi. Untuk mengurangi beban ini, style sheet dan template dasar untuk antarmuka administratif dan antarmuka pembaca telah dipisahkan.
Ini membawa dua manfaat: pertama, pengguna yang bekerja dengan beberapa jurnal OJS 3.x (misalnya, sebagai editor untuk satu jurnal, penulis untuk yang lain, dan peninjau untuk yang ketiga) akan selalu memiliki pengalaman pengguna yang sama di antarmuka administratif — ini akan selalu terlihat sama di dalam; kedua, memisahkan templat antarmuka pembaca dan lembar gaya berarti mereka akan jauh lebih kecil dan lebih mudah untuk dimodifikasi.
Tema Bootstrap dan Desain Responsif
OJS 3.x memungkinkan Anda mengunggah tema bootstrap, sehingga memudahkan jurnal Anda memiliki tampilan yang unik.
Kurangnya daya tanggap (kemampuan halaman web jurnal untuk menyesuaikan dengan ukuran layar pembaca — dari ponsel, tablet, hingga komputer desktop) merupakan masalah utama OJS 2.x. Antarmuka pembaca OJS 3.x sepenuhnya responsif.
Registrasi Lebih Sederhana
Formulir pendaftaran OJS 3.x terdiri dari sekumpulan kecil bidang yang diperlukan pada satu layar (misalnya, nama, afiliasi, email, dll.) untuk memudahkan pendaftaran bagi pengguna baru dan untuk memungkinkan pendaftaran dilanjutkan setelah beberapa hal tersebut selesai.
Pengguna baru kemudian dapat melanjutkan langsung untuk membuat pengajuan atau menerima permintaan peninjauan. Dia memiliki pilihan untuk mengisi profil yang lebih lengkap jika dia mau, atau dapat diminta oleh editor untuk mengisi rinciannya di lain waktu (seperti setelah pengajuannya diterima).