https://semnas-bsk.balitbangham.go.id/products/win88jp/ https://semnas-bsk.balitbangham.go.id/pgsoft/ http://123.108.97.158/ http://123.108.97.158/pgsoft/ http://123.108.97.158/demo/ Mengenal aplikasi database Google Scholar – UNIV repository

Berita Terkini

Google Scholar adalah sebuah aplikasi database daring yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini dirancang khusus untuk mencari dan menemukan artikel ilmiah, tesis, disertasi, buku, abstrak, dan literatur akademik lainnya dari berbagai disiplin ilmu. Tujuan utama Google Scholar adalah untuk menyajikan informasi ilmiah yang relevan dan berkualitas tinggi kepada para peneliti, mahasiswa, akademisi, dan profesional di seluruh dunia.

Berikut adalah beberapa fitur dan fungsi penting dari aplikasi database Google Scholar:

  1. Pencarian Literatur Ilmiah: Google Scholar menyediakan kemampuan untuk melakukan pencarian literatur ilmiah berdasarkan kata kunci, judul artikel, nama penulis, dan topik penelitian. Pengguna dapat dengan mudah mencari artikel atau karya ilmiah yang relevan dengan minat penelitian mereka.
  2. Cakupan Multi-Sumber: Google Scholar mengumpulkan informasi dari berbagai sumber ilmiah, termasuk jurnal ilmiah, repositori institusi, penerbit, situs web akademik, dan artikel konferensi. Hal ini memberikan akses ke beragam literatur ilmiah dari berbagai sumber dan penerbit.
  3. Indeks Artikel Lengkap: Aplikasi ini menyediakan tautan ke artikel lengkap ketika tersedia secara gratis atau melalui langganan lembaga atau penerbit. Pengguna dapat mengakses artikel secara langsung dari Google Scholar.
  4. Sitasi dan Metrik: Google Scholar menyajikan informasi tentang sitasi dan metrik untuk artikel dan penulis tertentu. Pengguna dapat melihat berapa kali artikel dikutip dan mendapatkan informasi tentang dampak dan visibilitas dari artikel tersebut.
  5. Pengaturan Perpustakaan Pribadi: Pengguna dapat membuat akun Google Scholar dan menyimpan artikel favorit mereka di perpustakaan pribadi. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengatur dan mengakses artikel secara mudah.
  6. Integrasi dengan Google: Google Scholar terintegrasi dengan layanan Google lainnya, seperti Google Drive dan Gmail. Pengguna dapat menyimpan artikel ke Google Drive atau memperoleh peringatan mengenai artikel terbaru yang relevan melalui email.
  7. Kemudahan Akses: Google Scholar adalah layanan akses terbuka, artinya siapa pun dapat menggunakannya secara gratis. Hal ini memungkinkan akses luas ke informasi ilmiah tanpa batasan.

Google Scholar menjadi alat yang populer bagi para peneliti, mahasiswa, dan akademisi untuk menemukan dan mengakses literatur ilmiah. Aplikasi ini membantu dalam pencarian literatur, mendapatkan informasi tentang sitasi, dan mendukung kegiatan akademik dan penelitian.

Leave a Comment

Your email address will not be published.